Artikel Tutorial
My Idea BMC π
Executive Summary Idea Business (Bisnis Jaket Denim)

Perkembangan dunia fashion di dunia khususnya Streetwear memang sedang menjadi perbincangan saat ini. Streetwear saat ini mampu merambah pasar di semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Streetwear sendiri mulai menjadi perbincangan akibat kolaborasi yang dilakukan dengan brand terkemuka dunia yang kredibilitasnya menjadi brand high fashion yang memiliki harga diatas rata-rata. Bisa diambil contoh kolaborasi yang dilakukan Louis Vuitton, Gucci, dan Dior dengan salah satu brand streetwear terkemuka di amerika yaitu Supreme.
(Contoh gambar jaket denim Louis Vuitton dan Gucci).


Akibat dari kolaborasi tersebut brand streetwear menjadi salah satu brand yang banyak diminati oleh pasar saat ini dengan desain outfit sehari-hari yang memiliki unsur kemewahan. Hal-hal tersebut tidak hanya menjadi tren di Amerika saja tetapi Indonesia juga sudah mulai menganut budaya streetwear tersebut menjadi salah satu tren fashion yang banyak diminati oleh berbagai kalangan saat ini.
Mengingat semakin konsumtifnya masyarakat Indonesia terhadap fashion, saya tertarik untuk melakoni bisnis di bidang fashion. Produk yang akan dibuat berupa jaket dengan bahan dasar denim yang mengikuti tren streetwear di Amerika yang sedang mendunia saat ini. Jaket ini memiliki desain berupa patch-patch yang bisa dilepas pasang menggunakan perekat sehingga lebih praktis, mudah untuk diganti-ganti dan memiliki desain yang mengikuti perkembangan tren fashion dunia. Pembuatan patch juga bisa di custom oleh calon pelanggan.
Contoh gambar bisnis saya:

First 5 Block of BMC

Customer Segments adalah penggolongan terhadap customers yang tertarik dengan produk yang akan di tawarkan. Terdapat beberapa jenis segmen pelanggan yang berbeda-beda seperti :
- Mass Market : pada segmen ini proposisi nilai yang ditawarkan, saluran distribusi dan hubungan pelanggan terfokus pada satu kelompok besar pelanggan yang sama.
- Niche Market : pada segmen ini proposisi nilai yang ditawarkan, saluran distribusi dan hubungan pelanggan dibuat khusus untuk kebutuhan spesifik pasar.
- Segmented : pada segmen ini pelanggan dikelompokkan berdasaarkan kebutuhan dan masalahnya masing-masing.
Customer segments yang digunakan berupa mass market karena produk ini bersifat universal, tanpa membeda-bedakan kelompok dan mencakup pasar yang luas. Target utama penjualan ini adalah remaja hingga dewasa berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan, desain produk juga akan disesuaikan untuk lakai-laki dan perempuan.
2. Value Propositions
Value Propositions adalah hal yang membuat pelanggan ingin membeli produk yang ditawarkan dan lebih memilih produk suatu perusahaan dibandingkan perusahaan lain. Untuk itu pelaku bisnis harus ampu memecahkan permasalahan yang dihadapi pelanggan dan memberikan solusi berupa produk yang ditawarkan.
Value Proposition dari produk ini adalah konsep baru dari desain jaket denim berupa penambahan desain patch-patch yang praktis dan mudah diganti sesuai keinginan konsumen serta mengikuti perkembangan tren fashion dunia. Harga yang ditawarkan paa produk ini juga tidak akan semahal jaket-jaket brand hypebeast yang harganya bisa menjadpai belasan hingga puluhan juta rupiah. Produk ini juga mengedepankan kualitas yang baik dengan harga terjangkau.
3. Channels
Channels merupakan cara dari perusahaan untuk berkomunikasi dengan segmen pelanggan dan menjangkau mereka untuk memberikan value propositions.
Produk ini akan dipromosikan melalui media-media sosial seperti Instagram. Pemilihan Instagram didasarkan oleh tingginya penggunaan Instagram saat ini diabndingkan media sosial lain dan kemudahan unntuk membagikan foto produk yang akan dipasarkan. Pemesanan dan pembelian juga bisa dilakukan melalui media online dan juga secara langsung melalui retailer fashion seperti GOOD'S DEPT serta pameran berupa diberbagai acara.
4. Customer Relationships
Customer relationship menggambarkan berbagai jenis hubungan yang di bangun perusahaan bersama pelanggan.
Customer Relationship yang akan diterapkan pada bisnis ini adalah dengan berkomunikasi secara lagsung maupun tidak dengan pelanggan dan menjaga hubungan untuk terus berlajut agar bisa menimbulkan brand loyalty. Bisnis ini juga berusaha menjadikan merk produk sebagai salah satu brand hypebeast lokal dan menjadikan produk ini menjadi tren fashion di Indonesia.
Dengan terciptanya hal tersebut maka bisa diciptakan komunitas pengguna barang hypebeast yang akan menjurus kepada pembelian produk yang ditawarkan. Masukan dari para pengguna juga dibutuhkan sebagai bahan evaluasi mengenai kekurangan dari produk.
5. Revenue Streams
Revenue Streams merupakan bagaimana perusahan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk yang dilakukan. Kategori dalam revenue streams terbagi atas :
- Asset Sale : Penjualan produk secara fisik.
- Usage Fee: Customer membayar produk atau jasa tergantung berapa lama mereka menggunakannya.
- Subscription Fees : Biaya berlangganan yang ditetapkan perusahaan.
- Lending : Biaya peminjaman yang dilakukan pelanggan secara sementara.
- Licensing : biaya izin pakai dari produk yang dijual.
Bisnis ini menerapksan kategori revenue stream yaitu asset sale yaitu penjualan produk secara fisik. Pengambilan keuntungan didapat dari penjualan produk yg dilakukan kepada pelanggan.
MAYA FAHIRA ARIYANI (20190502139)
HUMAS - ILMU KOMUNIKASI
TUGAS KEWIRAUSAHAAN SESI 5
Komentar
Posting Komentar