Artikel Webinar "Marketing Insight"
Marketing Insight Apa dan Bagaimana

Haloo teman-teman… Pada artikel kali ini saya akan meringkas materi yang dibawakan oleh narasumber di webinar Sabtu kemarin, ada 2 narasumber yang membawakan materi yang berbeda. Narasumber yang pertama membahas tentang “Market Insight The Importance dan How To Create It” yang disampaikan oleh Ibu Diana Fajarwati, ST, MSM. Lalu narasumber yang kedua membahas tentang “Consumer Insight untuk Bisnis yang Lebih Baik” yang disampaikan oleh Ibu Cicilia S. Bangun, ST, MT.
Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi silahkan membaca hasil ringkasan saya berikut ini.
Apasih Sebenarnya Goals dari Bisnis Kita?
Secara sederhana pasti kita akan pingin bisnis kita diterima oleh pasar serta bagaimana bisnis kita disenangi baik berupa makanan, kosmetik, fashion, dll. Kemudian pasarnya senang, konsumen puas, yang terpenting adalah mendapatkan profit.
Memahami Kebutuhan Pasar yang Terus Berubah Secara Dinamis
Yang dibutuhkan itu terutama bagaimana kita paham pasar itu sedang seperti apa supaya produk kita diterima. Kenapa sih kita perlu memahami suatu pasar? Karena bisnis yang berada disuatu posisi yang sangat berbeda dengan yang sudah ada di pasar-pasar sebelumnya. Bisnis berubah secara dinamis adalah suatu kesempatan, kita mesti tahu dulu basic memahami pasar dan jangan takut dengan pasar yang berubah.
Ada 3 hal yang terus berubah dan perubahannya sangat cepat disebut dengan terminologi kebutuhan pasar, yaitu:
1. Relevant, sesuai dengan kondisi lingkungan atau trend yang berkembang saat ini.
2. Appealing, membangkitkan emosional dari sisi positive (produk apa yang disenangi konsumen).
3. Suitable, empati terhadap kapasitas konsumen (kemampuan konsumen terhadap produk).
What is Insight?
Ø Insight : Semacam informasi yang sudah sampai ke suatu intinya, bagaimana informasi itu bisa digunakan untuk memahami suatu problem yang complicated.
Ø Market Insight : Bagaimana kita bisa memahami suatu pasar itu dengan jelas, mendalam, dan kadang-kadang muncul secara tiba-tiba.
Apa Itu Consumer Insight ?
Consumer insight adalah upaya atau proses pengidentifikasian semua tentang consumer yang dilakukan secara mendalam, mulai dari segi geografis, kebiasaan, latar belakang, dan berbagai faktor yang mempengaruhi consumer untuk berhubungan langsung dengan komunikasi pemasaran dan tertuju pada produk/jasa yang ditawarkan.
Consumer Insight Untuk Bisnis yang Lebih Baik
Consumer insight ini sebenarnya seperti jembatan kita pemilik produk kita ingin tahu sebenarnya apasih yang dibutuhkan oleh konsumen kita? Karena kalau kita tidak kenal siapa customer kita bagaimana kita bisa menyiapkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka atau bagaimana kita bisa memilih channel distribusi bahkan channel komunikasi untuk bisa menyampaikan pesan kita kepada mereka. Dan bagaimana kita menjalin kedekatan dengan si customer tersebut.
Tujuan Consumer Insight
Mencari tahu tipe pengguna produk kita itu seperti apa. Semakin kita mengenal mereka, semakin tepatlah nanti strategi bahkan komunikasi yang akan kita gunakan.
Perbedaan Customer dengan Consumer
Customer : Seseorang atau sebuah organisasi yang membeli sesuatu dari sebuah toko atau bisnis dengan tipe tertentu.
Consumer : Pemakai barang hasil produksi (bahan, pakaian, makanan, dan sebagainya), penerima pesan iklan dan pemakai jasa (pelanggan dan sebagainya).
Area Consumer Insight
Area Klasik
|
Area Psikologis
|
Siapa Konsumen ? | Apa yang dipikirkan |
Apa yang dilakukan | Apa yang dirasakan |
Dimana berada | Apa tujuannya |
Apa yang dibeli | Bagaimana kebiasaannya |
Media yang dipilih, digunakan, dibaca | Bagaimana mempengaruhi |
Bagaimana cara pembelian |
|
Cara Mengumpulkan Consumer Insight
Ø Literature Sources, budaya dan latar belakang
Ø Survey, yang paling sering dilakukan
Ø Observations, pada saat orang membeli pembelian masuk ke toko kita lalu kita lihat bagaimana cara mereka masuk, apa yang pertama mereka lihat, dan pertanyaan apa yang biasa mereka ajukan.
Ø Interview, cara paling efektif karena kita bisa menggali langsung lebih mendalam.
Ø Online/Social Media Monitoring, saat ini relatif banyak digunakan dan relatif murah. Kenapa relatif? Karena dengan online costnya itu sangat murah.
Ø Document and Records, biasanya tim sales itu selalu melihat dari laporan-laporan penjualan, mereka bisa melihat produk mana yang paling banyak dibeli.
Ø Experiments, dan yang terakhir tentu saja dari pengalaman.
Sumber Informasi dalam Digital World
Berbagai media yang bisa kita gunakan untuk mencari informasi, berikut saya lampirkan top 5 product information search channels.

Memanfaatkan Consumer Insight dari Jaringan Sosial
ü Identifikasi kebiasaan konsumsi konsumen
ü Memahami komunitas konsumen
ü Mendapatkan feedback dari konsumen
ü Mendapatkan opini untuk memperbaiki komunikasi
ü Memahami waktu konsumsi konsumen
ü Mengevaluasi pengalaman konsumen
ü Membandingkan dengan pesaing
ü Mengidentifikasi new influencer
ü Mendapatkan info trend terbaru
ü Mengoptimalkan iklan
Komponen Dasar
n Pengumpulan Data, apa keinginan consumer
n Analisis Data, peta keinginan consumer
n Optimalisasi, tindakan perusahaan
n Manajemen Promosi, pesan sampai ke consumer
n Personalisasi, membentuk ciri perusahaan
Manfaat Consumer Insight
Berikut ini manfaat secara umum dari consumer insight adalah :
ü Menyesuaikan strategi pemasaran
ü Menganalisa pesaing
ü Menekan biaya akusisi per pelanggan
ü Meningkatkan jumlah pelanggan
ü Meningkatkan transaksi per pelanggan
ü Menjalin hubungan baik dengan pelanggan
Kesimpulan
Pertama kita harus bangun kedekatan dengan konsumer, dengan konsumer merasa dekat dengan produk/jasa kita kepercayaan itu timbul. Nah begitu kepercayaan itu timbul biasanya konsumer akan merasa puas. Dari yang tadinya konsumer itu hanya menggunakan, sekarang jadi butuh dan biasanya kalo sudah loyal consumer susah menggesernya karena begitu dia sudah oke dengan satu produk/brand, dia enggan untuk berpindah ke tempat lain. Nah begitu kedekatannya sudah terbangun dengan baik, biasanya apapun produk yang di keluarkan oleh perusahaan tersebut akan selalu diterima oleh konsumer karena sudah percaya dan yakin. Kemudian mulailah konsumer berbagi pengalaman mempengaruhi orang lain. Manfaatnya buat perusahaan yaitu muncul pelanggan-pelanggan baru. Sehingga ada peningkatan pada penjualan yang membuat omzet perusahaan meningkat.
Sudah berakhir sampai disini pemaparan saya atas webinar diatas, berikut akan saya lampirkan video disaat narasumber menjelaskan mengenai materi diatas. Mari tonton dengan seksama.
Sekian penjelasan dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan dalam penulisan artikel diatas. Terimakasih sudah membaca artikel saya. Artikel ini sebagai tugas sesi 10 mata kuliah kewirausahaan.
Komentar
Posting Komentar