Artikel "Teknik dan Strategi Pemasaran"

Teknik dan Strategi Pemasaran 💁


        Halooo teman-teman… bagaimana kabar kalian setelah liburan natal dan akhir tahun? Pasti sangat berbeda ya dengan tahun lalu yang dirayakan secara meriah, sedangkan tahun ini kebanyakan dari kalian pasti stay at home karena dampak dari pandemi ini. Semoga tetap menjaga kesehatan ya dengan dirumah saja dan tetap semangat produktif walaupun terbatas aktivitasnya hanya dirumah saja. Pada artikel kali ini saya akan membahas seputar “Teknik dan Strategi Pemasaran”.

        Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), dalam menghasilkan barang dan jasa (product). Tujuan dari pemasaran itu sendiri adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen. Jika kalian ingin tahu banyak mengenai teknik dan strategi pemasaran silahkan disimak artikel saya berikut ini…


Apa itu Teknik dan Strategi Pemasaran ?


    Teknik pemasaran adalah segala sesuatu yang kita lakukan untuk membawa bisnis atau meningkatkan visibilitas dan reputasi perusahaan kita. Ada banyak teknik pemasaran yang berbeda baik online maupun offline. Contoh offline utama termasuk pameran dagang, jaringan dan pertemuan berbicara secara langsung. Teknik online utama mencakup situs web perusahaan, upaya pengoptimalan mesin telusur (SEO) yang berkelanjutan, dan webinar industri.

    Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, menggunakan perencanaan dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih besar. 


Tujuan Strategi Pemasaran


Tujuan dari strategi pemasaran antara lain :

Ø Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran.

Ø Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku.

Ø Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan.

Ø Meningkatkan kemampuan beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran.


Prinsip Pemasaran


Berikut ini adalah beberapa prinsip-prinsip dari penerapan strategi marketing modern :

ü Target Market (Penargetan Pasar), berarti mengembangkan para pelanggan potensial dengan jalan mengetahui siapa saja yang berinteraksi dalam proses pembelian, serta peran dan bagaimana tanggungjawab mereka yang sebenarnya.

ü Engagement (Interaksi), adalah tentang bagaimana cara Anda dalam menjangkau orang yang tepat dan pada waktu yang tepat pula, akan tetapi saat ini maknanya lebih dari itu.

ü Conversion, Mengubah pelanggan potensial menjadi pembeli, atau seorang pedagang perantara menjadi mitra baru perusahaan, tergantung kepada bagaimana penempatan usaha-usaha pemasaran.

ü Analytics and Reporting, merupakan hal yang sangat penting dalam proses marketing modern, berbagai kegiatan dan kampanye.

ü Marketing Technology (Teknologi Pemasaran), teknologi otomatisasi pemasaran yang tepat dapat semakin mempermudah navigasi pada setiap langkah siklus, menjaga pemenuhan kebutuhan-kebutuhan, dan mengintegrasikan dari keempat prinsip marketing modern lain sepenuhnya.


Kegiatan Pemasaran


    Suatu kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan suatu kepuasan kepada konsumen jika ingin usahanya berjalan terus, atau konsumen memiliki pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

    Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.


Contoh beberapa kegiatan dalam pemasaran adalah:

1. Segmenting: membagi konsumen secara umum ke dalam beberapa kategori konsumen.

2. Targeting: pemasar memilih segmen yang akan dituju.

3. Positioning: merepresentasikan kesan yang ingin ditunjukkan pada konsumen.


Perencanaan Pemasaran


    Perencanaan pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran.


Tujuan Marketing Plan

Adapun tujuan marketing plan di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengetahui dan memperbanyak informasi perubahan pasar dan kompetitor.

2. Menciptakan hubungan dan jaringan kerja yang lebih luas dengan organisasi lain.

3. Sebagai bentuk penyesuaian bisnis.

4. Meningkatkan keuntungan dengan usaha yang efisien dan efektif.


Manfaat Marketing Plan

Adapun manfaat perencanaan pemasaran adalah sebagai berikut.

1. Mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik.

2. Mengidentifikasi sejauh mana perkembangan perusahaan.

3. Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah.

4. Menjadi alat untuk menghindari konflik terhadap bagaimana perusahaan harus bergerak.

5. Menjadi sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui.

6. Menjadi acuan agar manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis.


Langkah-langkah Menyusun Perencanaan Pemasaran

Semua bisnis harus memahami pasar yang dibidik dan menjadi dasar dalam membuat marketing plan. Berikut ini beberapa langkah dalam menyusun perencanaan pemasaran.

1. Melakukan Analisis Situasi

Salah satu komponen utama dalam memulai penyusunan marketing plan adalah dengan analisis SWOT. Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.


2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Setelah melakukan analisis SWOT, marketing plan dilanjutkan dengan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan.


3. Menyusun Strategi dan Program

Strategi dan program dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan jangka panjang dan dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi.


Kesimpulan

    Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Seperti strategi produk, strategi dalam penetapan harga, strategi distribusi dalam pemasarannya dan strategi dalam promosi.

    Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan semua hal diatas, maka dapat dipastikan perusahaan akan dapat menentukan dengan baik strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya, untuk tetap maju dan berkembang di tengah-tengah persaingannya.


Bagaimana teman-teman? Apakah kalian sudah paham apa itu teknik dan strategi pemasaran? Jika kalian sudah paham saya akan memberi contoh dari strategi marketing produk sebagai gambaran kalian terhadap artikel saya diatas…

Contoh Strategi Pemasaran Produk Melalui Influencers

 

Contoh Strategi Pemasaran Produk Lewat Affiliate Marketing


Contoh Strategi Pemasaran Produk Lewat Video YouTube


Contoh Strategi Pemasaran Produk di Media Sosial


Saya juga akan lampirkan video trik marketing starbucks, kalian yang baca pasti sudah mengenal kan produk starbucks… yaa produk ini terkenal di kalangan anak muda lhoo dan pasti kalian penasaran kan bagaimana sih trik pemasaran dari starbucks ini? Yuk simak videonya dibawah ini😊



Sekian penjelasan dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan dalam penulisan artikel diatas. Terimakasih sudah membaca artikel saya. Artikel ini sebagai tugas sesi 12 mata kuliah kewirausahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Marketing