Digital Marketing
Kaya dari Digital Marketing? Bisa!

Halooo teman-teman… bagaimana kabar kalian hari ini? Pastinya sehat selalu dongg.. jangan lupa ya selalu terapkan 3M kapanpun dan dimanapun kalian berada. Semoga tetap menjaga kesehatan ya dengan dirumah saja dan tetap semangat produktif walaupun terbatas aktivitasnya karena dampak pandemi ini. Pada artikel kali ini saya akan membahas seputar digital marketing dengan judul “Kaya dari Digital Marketing? Bisa!”.
Istilah digital marketing telah dikenali publik akhir-akhir ini. Berbagai perusahaan berlomba-lomba mencari kandidat pekerja digital marketer untuk mendukung bisnisnya. Jasa digital marketing juga mulai banyak ditawarkan oleh agensi-agensi independen.
Banyak yang bisa. Banyak yang sukses. Meskipun memang lebih banyak yang gagal. Hehehe. Hanya dengan komputer, tablet, atau ponsel pintar yang terhubung dengan internet kita bisa membangun dan mengelola bisnis dimana saja dan kapan saja. Nggak jamannya lagi deh ngantor “nine-to-five”. Untuk memperkaya pengetahuan mengenai digital marketing, pantau terus blog Saya yaaa…
Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.
Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.
Strategi Digital Marketing Era New Normal

Penerapan strategi Digital Marketing tentu tidak jauh-jauh dari penggunaan internet dan sosial media. Mengingat aplikasi satu ini akan sering digunakan oleh masyarakat selama menghabiskan waktu #DiRumahAja. Berikut ini beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk menghadapi new normal:
1. Sosial Media
Selama mengurangi aktivitas diluar rumah, hal ini membuat masyarakat secara tidak langsung sering membuka sosial media.
Meningkatnya jumlah pengguna aktif di sosial media ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha. Melalui sosial media, Anda bisa berinteraksi lebih dekat dari konsumen. Sosial media juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk menginformasikan adanya promo terbaru atau sekedar mengadakan games guna meningkatkan engagement rate.
Platform sosial media yang bisa Anda kembangkan diantaranya seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Buat konten semenarik mungkin untuk menjangkau konsumen dengan jumlah yang lebih banyak. Akan lebih baik jika konten yang Anda buat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di masa pandemi ini.
2. Optimalkan Website
Saat ini banyak orang yang cenderung memilih untuk belanja online ketimbang belanja secara konvensional. Mengetahui fenomena ini, Anda tentu tidak bisa tetap mengandalkan toko fisik saja untuk berjualan. Sebaliknya, Anda bisa mulai membuat atau lebih mengoptimalkan penggunaan dari website. Belanja melalui website resmi perusahaan akan memberikan pengalaman belanja yang lebih baik dibandingkan melalui e-commerce.
Sesuaikan juga desain dari website sesuai dengan karakteristik perusahaan. Hal ini akan meningkatkan brand awareness perusahaan di mata konsumen. Jangan lupa memberi penawaran spesial untuk meningkatkan jumlah kunjungan di website Anda. Anda juga bisa memanfaatkan SEO untuk membuat website Anda berada dalam daftar pencarian teratas.
3. Iklan Berbayar
Peletakkan iklan berbayar ini bisa Anda sesuaikan dengan kebiasaan konsumen. Apabila konsumen yang Anda sasar berada pada usia remaja hingga dewasa awal, memasang iklan di YouTube menjadi keputusan yang sangat baik.
Pasalnya, YouTube menjadi salah satu platform yang sangat populer di masa pandemi ini. Banyak orang yang memilih menghabiskan waktunya di rumah dengan menonton berbagai macam video yang ada di YouTube. Memasang iklan di YouTube akan sebanding dengan banyaknya konsumen yang mengetahui bisnis Anda. Selain menggunakan YouTube, Anda juga bisa memanfaatkan iklan berbayar pada Facebook Ads dan Instagram Ads.
Manfaat Digital Marketing

Berikut 5 manfaat digital marketing yang mungkin dapat membantu bisnis yang kamu miliki:
1. Menjangkau pasar secara online
Sebagian besar konsumen kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari. Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kamu miliki, besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya ketimbang harus datang ke tempat yang berpotensi membuatnya menjadi ragu.
2. Mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan
Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien.
3. Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis
Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama.
4. Meningkatkan profit bisnis yang dijalankan
Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu. Tentu saja, itu akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan pemasaran offline.
5. Memudahkan dalam melakukan evaluasi
Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begini juga bisa melihat kekuatan dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya. Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, strategi pemasaran yang seperti apa dan lain sebagainya.
Keunggulan Digital Marketing

Digital marketing telah memberikan banyak manfaat bagi para pengusaha berskala besar maupun yang baru saja memulai bisnisnya. Digital marketing juga memberikan dampak yang positif bagi konsumen. Jadi, apa saja keunggulan dari digital marketing?
1. Murah dan Efektif
Ketika dibandingkan dengan traditional marketing, digital marketing lebih murah dan juga efektif dalam melakukan pemasaran. Digital marketing tidak membutuhkan alat yang rumit, perizinan dan ongkos produksi sehingga mampu memangkas biaya pemasaran.
2. Interaktif
Kehadiran digital marketing memberikan bentuk pemasaran yang lebih interaktif. Digital marketing memungkinkan iklan dan kampanye Anda untuk menghadirkan komunikasi dua arah terhadap calon konsumen Anda. Oleh karena itu, digital marketing mampu menyajikan pemasaran online yang lebih interaktif, sehingga mendapatkan lebih banyak exposure terhadap brand yang Anda miliki.
3. Merespon Isu dengan Cepat
Digital marketing memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara langsung dan real time bersama calon konsumen Anda, sehingga Anda bisa merespon isu dengan cepat.
4. Target Khalayak Lebih Spesifik
Keuntungan yang cukup signifikan dari penggunaan digital marketing adalah Anda bisa menargetkan khalayak calon konsumen Anda secara spesifik. Digital marketing mampu membantu Anda untuk menargetkan khalayak mulai dari gender, usia, minat untuk menentukan target yang paling sesuai untuk iklan maupun kampanye marketing Anda.
5. Lebih Terukur
Dibandingkan dengan pemasaran konvensional atau tradisional, tingkat keberhasilan digital marketing lebih terukur. Pengukuran tingkat keberhasilan ini lebih lengkap dan akurat dikarenakan adanya data dan juga bantuan dari berbagai tools yang bisa digunakan.
6. Tidak Ada Batasan Geografis
Yang dimaksud dengan tidak adanya batasan geografis adalah digital marketing memiliki pemasaran yang sangat luas. Digital marketing mampu untuk menargetkan lebih dari satu daerah saja, bahkan Anda bisa memiliki target pemasaran nasional maupun Internasional.
7. Kaya dengan Data
Digital marketing dapat membantu Anda secara akurat karena kaya akan data. Dengan digital marketing, Anda bisa mengetahui jumlah pengunjung situs web Anda secara langsung, Anda juga bisa mendapatkan informasi dengan detail seperti lokasi, dan perangkat yang digunakan. Kekayaan data-data tersebut sangat membantu dalam melakukan evaluasi digital marketing Anda agar bisa menjadi lebih efektif.
Kesimpulan
Pemasaran di era digital memberikan ruang bagi bisnis untuk semakin kreatif dan merumuskan strategi yang efektif dan terukur. Dengan perkembangan internet dan media digital lainnya, program pemasaran digital dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari pemasaran konten, email, hingga pay per click (PPC).
Artikel ini membahas secara lengkap mengenai digital marketing dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah dibahas di atas.
Bagaimana teman-teman? Apakah kalian sudah paham apa itu digital marketing dan apa saja strateginya? Jika kalian sudah paham saya akan memberi contoh dari digital marketing perusahaan ternama sebagai gambaran kalian terhadap artikel saya diatas…



Saya juga akan melampirkan contoh video iklan promosi makanan sehat di youtube, kalian pasti sudah penasaran kan seperti apa videonya? Yuk simak videonya dibawah ini
Sekian penjelasan dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan dalam penulisan artikel diatas. Terimakasih sudah membaca artikel saya. Artikel ini sebagai tugas sesi 13 mata kuliah kewirausahaan.
Komentar
Posting Komentar