Pemanfaatan Website dan Media Sosial dalam Membangun Citra Positif Universitas Esa Unggul
Maya Fahira Ariyani (20190502139)
UAS Public Relations Writing
Pemanfaatan Website dan Media Sosial dalam
Membangun Citra Positif Universitas Esa Unggul

Halooo… Salam sehat untuk kita semua semoga selalu dalam lindungan-Nya aamiin. Pada artikel ini saya akan membahas tentang “Pemanfaatan Website dan Media Sosial dalam Membangun Citra Positif Universitas Esa Unggul”.
Memiliki citra positif merupakan pencapaian bagi perusahaan maupun organisasi, tak terkecuali perguruan tinggi, Public Relations atau Hubungan Masyarakat (Humas) di perguruan tinggilah yang bertanggung jawab atas citra yang muncul di dalam masyarakat baik internal maupun eksternal. Tujuan saya membuat artikel ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan media online maupun media sosial di perguruan tinggi terhadap peningkatan citra positif Universitas Esa Unggul.
Apa itu Media Online?
Di era modern banyak terdapat temuan baru yang memudahkan PRO (Public Relations Officer) menjalankan strategi komunikasi. Menurut saya, untuk mendukung kegiatan Public Relation dibutuhkan media, salah satunya adalah media online. Media Online adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi secara online melalui website dan aplikasi yang hanya bisa diakses dengan internet berisikan teks, suara, foto dan video.
Apa itu Media Sosial?
Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.
Kenapa Citra Penting Bagi Perusahaan?
Citra sebuah perusahaan atau organisasi (Corporate image) akan terbentuk melalui proses program dari Public Relations (PR), karena perusahaan tidak akan lepas dari stakeholder maupun stockholder yang berinteraksi langsung dengan perusahaan, dengan begitu akan menghasilkan hubungan timbal balik yang diterima, dan diantaranya muncul image perusahaan.
Penggunaan Media Online dan Media Sosial di Universitas Esa Unggul
1. Media Online (Website)
Website yang beralamat https://esaunggul.ac.id/ merupakan himpunan informasi dari berbagai fakultas, dengan fitur berita, agenda kegiatan. Humas UEU dalam menjalin informasi dengan khalayak universitas, berfokus untuk terus memperbarui berita-berita yang ada di kampus agar terus meningkatkan awareness terhadap kegiatan dan apa yang ada di UEU.
Terlihat bahwa website merupakan sarana yang efektif untuk mendapatkan informasi tentang UEU, karena website adalah sarana komunikasi yang paling populer dilihat oleh individu ketika membutuhkan informasi tentang suatu perusahaan atau organisasi.
2. Media Sosial (Instagram, Facebook dan Twitter)
Akun media sosial seperti suatu keharusan yang dimiliki setiap anak muda. Fitur-fitur yang menarik membuat banyak kalangan dan organisasi menggunakannya. UEU menggunakan media sosial sebagai media promosi, informasi dan pencitraan UEU.
Media sosial digunakan sebagai salah satu media komunikasi dan pencitraan karena melihat peluang dari banyaknya pengguna anak muda usia 14-25 tahun yang aktif dan dari hal itu sesuai target/sasaran Universitas Esa Unggul.
Media Online dan Media Sosial Sebagai Pembentukan Citra Positif UEU
Dengan memunculkan berbagai macam prestasi UEU, seperti terakreditasi berbagai prestasi yang ditorehkan oleh civitas akademika UEU, dan berita itu dimuat di website dan media sosial, maka masyarakat sadar akan perkembangan yang ada di UEU, dengan harapan BPHA dapat meningkatkan pandangan/citra UEU di masyarakat.
Kesimpulan
Pemilihan media komunikasi bagi khalayak sangat mempengaruhi hasil proses komunikasi, kekuatan setiap media dalam mendekati khalayak berbeda-beda tergantung targetnya. Dalam konteks ini, penelitian ini melihat UEU tepat dalam memilih media online (website) dan media sosial sebagai media komunikasi untuk mempromosikan UEU. Penggunaan media online dan media sosial berdampak baik bagi lingkungan internal maupun eksternal UEU.
Berikut tampilan website dan media sosial Universitas Esa Unggul.




Komentar
Posting Komentar